Menkes, Yang Sudah Divaksin Boleh Makan Berempat di Restoran dan Buka Masker
Menkes, Yang Sudah Divaksin Boleh Makan Berempat di Restoran dan Buka Masker

Menkes, Yang Sudah Divaksin Boleh Makan Berempat di Restoran dan Buka Masker

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ada pelonggaran protokol kesehatan bagi masyarakat yang telah divaksinasi COVID-19.

“Kalau sudah divaksin, mereka akan masuk dan akan memperoleh protokol yang lebih longgar dibandingkan yang belum vaksin. Sama seperti kalau kita di restoran ada daerah merokok atau tidak merokok,” kata Budi dalam keterangan pers virtual, mengutip Kumparan, Senin (9/8) malam.

Budi menjelaskan, bentuk pelonggaran itu yakni pengunjung yang telah divaksinasi bisa duduk berdekatan dalam satu meja. Masker juga boleh dibuka.

“Bisa dibayangkan seperti itu. Jadi kalau yang sudah divaksin mungkin bisa semeja berempat, bisa buka masker,” ucap Budi.

Namun, protokol yang lebih ketat tentu akan diterapkan bagi masyarakat yang belum mendapat vaksin.
“Yang belum vaksin mungkin harus satu meja berdua dan ditaruh di ruangan terbuka,” kata Budi.

Lebih lanjut, pembahasan soal ini sudah diputuskan oleh Presiden Jokowi. Budi mengatakan aplikasi PeduliLindungi akan digunakan untuk proses screening.

“Sudah diputuskan Presiden nanti akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai dasar dan minggu depan akan dimulai di beberapa mal bekerja sama dengan asosiasi mal Indonesia,” tutup Budi.

Check Also

Berita Terbaru, PPKM Level 3-4 Jawa Bali Diperpanjang Hingga 16 Agustus

Berita Terbaru, PPKM Level 2-3-4 Jawa Bali Diperpanjang Hingga 16 Agustus

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *